Saya, BaNG MaNDoR, berani menyebut Bunda Teresa sebagai orang KAFIR
Bunda Dorce: Meskipun waria, secara akidah, dia bukan kafir
Bunda Teresa adalah pemeluk kristen. Siapapun yang non islam, menurut saya adalah kafir. OK Lets check “the asbabun nuzul” surat al kafirun (kalau saya salah tlg komentar/koreksi).
Pada awal perkembangan agama islam oleh Nabi Muhammad, datanglah pembesar/penguasa Quraisy kepada Nabi Muhammad (penguasa negara-kota mekah) yang notabene adalah pemeluk polytheisme, yang ‘eneg’ dengan monotheisme islam. Terus si Quraisy ini menawarkan ke Nabi Muhammad sbb:
Quraisy: Muhammad bagaimana kalau kamu sehari (saya lupa berapa harinya) beribadah dengan agama/kepercayaan kami, kami pun gantian beribadah islam
Nabi Muhammad waktu itu tidak memberi jawaban. Kemudian turunlah ayat / surat al kafirun (dalam terjemahan Betawi) sbb: “Katakan hai Orang-Orang yang INGKAR (KAFIR), sorry deh gua tidak bakalan beribadah dengan cara ibadah elo dan elo pun tidak perlu beribadah dengan cara gua (ISLAM)… dsb”
Jadi karena si Bunda Dorce Teresa tidak beribadah sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad, ya mudah saja berarti dia KAFIR. Kafir artinya yang ingkar terhadap ajaran Nabi Muhammad. Selama hidup, masak sih Bunda Teresa ini tidak pernah dengar ajaran Nabi Muhammad.
Namun pembahasan KAFIR ini adalah dalam domain/wilayah/tema DOKTRINASI (AKIDAH) islam. Sementara yang dilakukan BATAKNEWS adalah dengan tema KEMANUSIAAN.
Saran saya buat blogger Bataknews, anda jangan mencampuradukan dua hal diatas. Beberapa tulisan yang ditulis/dimuat di blog anda cenderung sebagai “permainan kata/kalimat” saja dengan dalil-dalil Al Quran yang kurang mendalam.
Ya iyalah…
Kalo menurut ajaran Islam begitu bahwa orang di luar Islam adalah kafir…
Kok repot untuk bilang Mother Teresa adalah kafir di mata Islam…
Yang penting kan di mata Tuhan
Lam kenal… kykny nih blog masih ‘segar’ nih…
—
Bang Mandor: spt saya tulis di atas, konsep kafir (ingkar) atau taat adalah dalam “domain” doktrinasi (akidah) pengikut islam.
Bindiegal
Oktober 4, 2007
oh, ternyata menurutmu toh.
–
Ban Mandor: bukan menurut saya, tapi menurut doktrinasi (akidah) islam.
danalingga
Oktober 4, 2007
Wah… kafirisasi nih.
dewo
Oktober 4, 2007
orang yg ngaku islam tapi kafir juga banyak bro…
sanggardewa
Oktober 4, 2007
hehehe…gue juga setuju kalau bunda theresa itu Kafir
http://suakahati.wordpress.com/2007/10/04/bunda-theresa-emang-kafir/
wedulgembez
Oktober 5, 2007
Btw, konon bunda Teresa itu malah agnostik, lho. [link]
Sama seperti saya.Kopral Geddoe
Oktober 5, 2007
Aku setuju dengan pendapatmu, salam kenal pak…
iwansain
Oktober 5, 2007
[...] Artikel lengkapnya menyusul. Tapi anda bisa baca tulisan terkait di sini . [...]
Bang Mandor: Kristen dan Yahudi adalah KAFIR TM di mata Islam « iSLaM 24 JaM
Oktober 5, 2007
memang beginilah seharusnya kita bersikap, dengan kafirnya Bunda Teresia dalam pandangan Islam – bukan berarti kita melupakan perjuangannya atas nama kemanusiaan. Namun dimata Allah swt. dia KAFIR
[beda dong: parameter Allah swt. dg Manusia?]
k'tutur [gak login]
Oktober 5, 2007
Anda berhak mengatakan Bunda Theresia adalah orang kafir ! Karena setiap orang mempunyai hak bicara, untuk mengeluarkan ide dan buah pikirannya.
Tapi juga jangan dilupakan, bahwa orang kafir yang anda sebutkan, telah berbuat banyak semasa hidupnya.
Salah satu ketololan orang – orang yang mengaku beragama, adalah hanya pinter mengatakan kekafiran orang lain, tanpa mengerti bagaimana orang tersebut harus berbuat kebajikan demi mengagungkan agamanya.
—
B’ Mandor: Saya pikir anda yang tidak mengerti dengan apa yang saya tulis. Semua orang yang tidak taat/mengakui kepada Nabi Muhammad, oleh Al Quran disebut INGKAR/TERHALANG (bahasa arabnya KAFIR). Apa masih belum jelas? KAFIR artinya INGKAR thd Muhammad.
Dewa Dewi
Oktober 5, 2007
lah, tulisan yang saya kutip itu maksudnya apa, jika bukan menurutmu?
—
Mandor: Ya tapi itu penegasan dari penafsiran ayat Al Quran surat Al Kafirun yang saya sertakan di bawahnya. Belum tentu tulisan ini benar. Namun saya telah berusaha menyertakan dalil Al Quran-nya.
danalingga
Oktober 5, 2007
hati2 ngomong soal agama loh… kalo bukan ahlinya….
—
B’ Mandor: mugkin lebih tepanya, bila membahas agama harus hati-hati dengan menyertakan dalil/sumber ayat Al Quran sebagai dasar alasan. Bukan dengan gampangnya “pokoknya Gus Dur/Ahlinya bilang enggak, saya pun enggak juga”. Harus dilihat Gus Dur itu bicara dengan dalil ayat Al Quran yang mana, tepat tidak ayatnya? dsb… kalau selalu membawa-bawa “ah saya bukan ahlinya” lalu kapan anda mandiri.
aRuL
Oktober 5, 2007
yappp….orang yang mengingkari kebenaran ajaran agama islam, tidak percaya TuhaN, dan nabinya menurut kita bisa saja di bilang”kafir”, tetapi kita tidak bisa menghakimi seseorang itu apakah ia kafir atau bukan,…karena itu semua adalah hak kemutlakan dari Tuhan, bisa saja menurut kita seseorang itu kita anggap kafir tetapi di hadapan Tuhan itu kedudukannya lebih mulia dan alim daripada kita……sama halnya apakah seseorang itu akan masuk surga atau neraka…Hanya Tuhan yang punya Hak dan wewenang untuk itu….sama juga apakah saya juga kafir atau bukan,…aku tidak tahu,…meski aku setiap hari berikar bahwa Tidak ada Tuhan yang Aku sembah Selain Allah SWT, dan aku sangat percaya bahwa nabi Muhammad itu adalah Utusannya
—
B’Mandor:kata siapa kita tidak boleh menghakimi?Al Quran yang menyuruh kita supaya menyatakan bahwa yang tidak taat kepada Muhammad, disebut sebagai INGKAR (KAFIR).
zainurie
Oktober 5, 2007
Semoga Allahh SWT memberi petunjuk pada kita mana yang benar dan mana yang salah.
dwi Yanto
Oktober 6, 2007
Pertamax saja setuju Bung, Analisnya masuk ke logika saya,
Walaupun Begitu kita serahkan saja amal baiknya kepada ALLAH SWT.
—
B’Mandor:setuju, yang saya bahas kan doktrinasi akidah islam, bukan amalan.
Deni Triwardana
Oktober 6, 2007
saya sih – menurut saya sendiri – bukan kafir, tapi sama orang (yang ngaku) islam, saya malah dianggap kafir. gimana ya…
—
B Mandor: yab gampang saja, kan ada surat Al Kafirun, menurut surat tsb anda KAFIR tidak? kalau anda tidak ingkar kepada Muhammad berarti anda tidak KAFIR. gampang kan?
Shelling Ford
Oktober 6, 2007
[...] Baca: artikel terkait Bunda Teresa adalah KAFIR [...]
Nabi Muhammad Tidak Pernah Ditegur Tuhan, Malah Diperintah Tuhan untuk Menegaskan Batasan mana Orang Kafir (Ingkar) dan Mana yang Taat « iSLaM 24 JaM
Oktober 8, 2007
sign.. mau bacanya juga males..
agama2 itu cuma ciptaan Manusia. suatu saat akan hilang dimakan abad.
essence agama itu adalah cinta kasih seperti yang di blog Bataknews.. itu yang gak akan hilang.
—
B Mandor:Nah kalau Bataknews membahas dengan tema cinta kasih (cinta kasih tidak mengenal istilah KAFIR!), dia harus bilang di awal, biar tidak timbul kebingungan dan tidak terkesan menggurui.
zinc
Oktober 8, 2007
Yah kalau memang di dalam sudut pandang agama islam bunda theresa dianggap kafir yah biarkanlah….
tetapi bagaimana menurut Tuhan??
—
B Mandor:masing-masing pengikut agama berhak mengklaim sbg yang benar. jangan perdulikan apa kata islam/agama lain. ok?kalau pembahasan dari sudut islam ya siap-saip saja kalau penjelasan tidak sesuai keinginan non islam.
eric alam
Oktober 8, 2007
anda adalah apa yang anda lakukan, bukan apa agama anda
sastro
Oktober 9, 2007
Setuju dengan bang mandor….
kalo memang dibahas dalam konteks islam yah yang beragama lain gak bole sewot….
kalo gak seneng yah bahas aja sendiri di blog sendiri.
kalo gak bisa bikin blog sendiri cari yang bahas sesuai agama sendiri….
kalo masi gak suka juga….yah gak usah baca apa2 and gak usah komen apa2.
matiin aja komputernya….
Saya aja yang Katholik aja gak keberatan kok,karena Bunda theresa juga gak keberatan dibilang kafir,kenapa harus ada yang sakit hati???
apalagi ini dibahas secara islam.
eric alam
Oktober 9, 2007
Kalau begitu defenisi kafir menurut Islam!
berarti orang kafir belum tentu salah di hadapan Tuhan (belum tentu tidak mengakui adanya Tuhan). Dan dari cerita Anda di atas berarti agama Islam tertutup terhadap agama lain. Dia tidak ingin hidup berdampingan dan berdamai dengan agama lain. dengan kata lain dia bukan pembawa damai!!!
Amin.
Ronald
Oktober 11, 2007
Islam kan juga mengajarkan harus manghargai
dan saling menghormati sesama agama,tetapi anda
kayaknya suka melaga -laga agama,anda termasuk
kafir atau tidak dalam agama islam,saya juga ga
tau ya.We kek kek kek .
—
Mandor: Lho mana tulisan saya yang tidak menghormati agama lain? Yang saya bahas kan seputar arti istilah kafir dalam islam, bukan ttg “agama selain islam adalah salah”. anda yang berlebihan!
wiseman
Oktober 17, 2007
Saya seringkali miris membaca berbagai blog dan milis yang dibikin oleh orang kita, banyak yang isinya hanya berdebat agama secara sempit dan menjelek-jelekan umat beragama yang lain. Mungkin karena sekian lama kita terjebak dalam kungkungan pemerintah otoriter beserta perangkatnya yang secara sistematis selalu berupaya menciptakan KONFLIK HORIZONTAL di antara sesama anak bangsa supaya kita terpecah belah dan mereka bisa melanggengkan kekuasaan mereka.
Teman-teman, cobalah kita berdiskusi dengan topik-topik yang membawa inspirasi positif dan lebih bermanfaat untuk perkembangan generasi muda kita seperti kisah Muhammad Yunus di Bangladesh yang berupaya untuk memecahkan masalah kemiskinan di negaranya, kerusakan lingkungan dan pemanasan global, penemuan-penemuan sains baru seperti nano teknologi, SMR, StemCell, dll. Kalau hanya berdiskusi semacam ini, saya kuatir bangsa kita akan semakin tersisih menjadi bangsa paria. Marilah kita belajar dari para pendahulu kita seperti Soekarno, Hatta, Sjahrir, Muh Yamin, H Agus Salim, Leimena dll yang memiliki pengetahuan yang luas, kebijakan (wisdom), dan visi ke depan yang luar biasa. Padahal mereka dibesarkan dalam lingkungan penjajahan. Kita yang hidup dalam alam merdeka, masa engga bisa lebih hebat dari mereka ?
Syalom/Salam/Wassalam
—
Mandor: sebenarnya post saya bukan yang pertama yang membahas bahwa Bunda teresa adalah Kafir. tujuan saya juga untuk menjawab post di blog bataknews yang menyesatkan dan tanpa dalil al quran yang memadai. saya tidak membahas bahwa islam benar, selain islam salah
Hati Nurani
Oktober 18, 2007
bang mandor, kalo ada muslim tapi tidak menganggap bunda teresa adalah kafir, ada nggak julukannya? ato masuk jadi kafir juga?
dan apakah ada ayat yang mengatakan bahwa semua kafir tidak masuk surga? terus muslim tapi tidak mengkafirkan orang lain apakah juga tidak masuk surga?
thx
—
B’Mandor:istilah kafir hanya nama saja… yang jelas al quran menyatakan yang tidak mematuhi ajaran nabi muhammad adalah ingkar, istilah arabnya kafir. ya jelas lah, anda tidak terdaftar di UGM terus anda minta ijazah UGM ya diketawain orang-orang. masuk surganya ya versi islam. kalau versi agama lain ya terserah pemeluknya lah, gitu saja kok repot
daniel!
Oktober 22, 2007
sebenarnya saya bener-bener ingin tau.. apakah ayat bahwa non-muslim pasti kafir dan masuk neraka adalah ayat yang terang benderang, tidak ada ruang tafsir, dan semua ayat yang lain juga mendukung ke satu pengertian tersebut.
karena ada kalangan muslim, bahkan yang menurut saya bukan muslim sembarangan, yang menafsirkan lain. apa mereka ini gak pernah baca kitab suci, atau otaknya gak nyampe, atau gimana..
tentu yang ditanyakan ini menurut versi keyakinan anda.
saya sendiri males masuk surga kalo saya nggak yakin ketemu Tuhan disana..
—
B’Mandor: surat al kafirun menyatakan yang tidak mengikut Muhammad disebut KAFIR. kalau versi ISLAM yang KAFIR tidak masuk surga lah, kan beda DIN/AKIDAH/AGAMA. Demikian juga Orang Yahudi/Kristen boleh MEYAKINI haya mereka yang masuk Surga, ISLAM tidak masuk. Sekali lagi ini masalah doktrinasi saja. Pada awalnya istilah KAFIR tidak bermakna “negatif”, just sebutan saja. Orang ISLAM yang menyatakan NON ISLAM sebagai tidak KAFIR dasarnya apa? Hanya karena mereka terkenal, lantas pendapat mereka benar? Yang penting ada tidak ayat yang mendasari pendapat “seseorang itu”? Ini ada post bagus, ya versi islam lah: http://ashthy.wordpress.com/2007/04/10/yahudi-dan-nasrani-adalah-orang-orang-kafir/
daniel!
Oktober 22, 2007
Mengatakan Bunda Teresa kafir atau tidak harus berdasarkan parameter tertentu, yaitu agama. Agama mengacu pada benar tidaknya Tuhan yang disembah. Misalnya Kristen dengan Trinitasnya, Islam yang hanya menyembah Allah, HIndu, Budha, penyembah setan, dll.
Pertanyaannya adalah, “Agama manakah yang benar bersumber dari Tuhan?”
Carilah dulu kebenarannya…, baru bisa mengatakan seseorang kafir atau tidak (kafir jika menyembah Tuhan yang salah)
—
BMandor: enggak dong, istilah kafir hanya mengacu kepada vocabulary agama tertentu. menurut pemeluk agama tertentu itu dia benar (islam bilang: kristen salah; kristen bilang: islam salah). buat yahudi: muhammad adalah “kafir”, karena tidak menggunakan taurat. buat orang islam, tentu saja “bunda teresa kafir”. kalau anda islam coba saja anda baca surat al kafirun. itu jelas memberitahukan, yang tidak mengikut muhammad ya kafir (tentunya di mata islam).
Ulul_Albab
November 6, 2007
Bang Mandor. Ikut nimbrung nih ya?
Mungkin yang dimaksud Ulul_Albab itu adalah dicari dulu agama yang benar. Kan tidak mungkin semua agama itu benar? Kebenaran kan tidak mungkin ganda, pasti tunggal. Contoh, 2 x 2 pasti 4. Jika ada yang bilang bukan 4, berarti palsu. Begitu pula masalah agama. Kita cari dan teliti dulu yang mana yang benar, baru kita dapat menentukan kafir tidaknya seseorang. Tentunya harus lengkap dengan dalil-dalil, baik secara Naqli maupun secara Aqli.
Nah setelah ketemu baru kita tentukan kafir tidaknya seseorang menurut ukuran agama tersebut. Setiap pemeluk agama, sah2 saja berpendapat sesuai ukuran agamanya masing-masing. Namun agama yang dipakai sebagai ukuran tersebut harus dibuktikan dulu kebenarannya di mata Tuhan. Saya fikir begitu. Salam kenal dulu untuk Bang Mandor.
Masalah ini sudah saya ulas secara panjang lebar di blognya Mas Wedul. Silahkan di lihat di sini :
http://suakahati.wordpress.com/2007/10/04/bunda-theresa-emang-kafir/
M. Sejuki
November 8, 2007
Bang Mandor, maksud saya “mari kita cari agama yang benar”.
Sampai sekarang, dari hasil pembelajaran saya (berdasarkan ayat2 di kitab suci berbagai agama), saya yakin agama yang paling benar adalah Islam.
Jadi, saya setuju dengan Bang Mandor, berdasarkan ayat2 di Al Quran, bahwa Bunda Teresa itu termasuk golongan orang2 kafir.
Ulul_Albab
November 9, 2007
yuuuuup saya sepakat dengan pendapat yang mengatakan bunda teresa kafir liat aja tampangnya kaya orang lagi mabook mending pemabook tapi islam daripada mbok teresa yang katanya baik tapi kafiiir
—
BM: ya bukan kayak gitu lah. kalau dari sisi akhlak, masih bagusan bunda teresa dong, biar kafir tapi akhlaknya mulia. yang islam tapi pemabok yang ngaco!
Ma`e
November 20, 2007
sayang memang ya…………
kenapa juga bunda teresa harus kafir…..
bodoh amat sih lu jadi orang, bunda…..hari gini…gi tu lho………..
adi isa
November 22, 2007
untuk DEWA DEWI,,,,marilah bersatu dengan bunda teresa………..
dalam nama tuhan bapak dan anak dan ruh kudus… di dalam neraka amen…….
he..he..he..
—
BM: kalau akhlak islam adalah menasihati orang non-islam dengan sebaik-baik cara, bukannya melecehkan mereka, anda ini gimana seh?
adi isa
November 22, 2007
maaf ya, sebenarnya kita semua tuh.. kan hanya bersenda-gurau di dunia maya ini..
siapa yang bakal menghakimi? semua saya yakin mau menang sendiri sesuai dengan pendapatnya…
lalu untuk apa kita mencari pembenaran masing2?
so…let’s make all for fun…
but just believe, I know that’s in our little heart, we don’t want to make somebody hurt..becouse we have the same feel,
we are the big thing where God/Allah were create
adi isa
November 29, 2007
lebih islami mana?
1. orang yang melakukan sholat tapi pelit
2. orang yang tidak mlkkn sholat tapi dermawan.
b’mandor:
kalau di lihat di rukun islam, kedudukan sholat lebih tinggi dari zakat. tapi saya yakin keduanya sama-sama penting.
im
Februari 1, 2008
sorry sorry bang..
gw perhatiin kayaknya pengelola blok ini bukan orang islam.
ada nyang aneh. dikit sih..
tapi ngeganjel.
kayak dedek gue aje.
—————-
B’Mandor=ada2 saja …
im
Februari 1, 2008
B’Mandor:kata siapa kita tidak boleh menghakimi?Al Quran yang menyuruh kita supaya menyatakan bahwa yang tidak taat kepada Muhammad, disebut sebagai INGKAR (KAFIR).
Sori gw ga tau barangkali ada yg mo kasih penjelasan :
Perasaan gw ma setan isinya sama ya…
trus engkong gw ma al capone kakak adik ya…
w1r0
Februari 3, 2008
gue aneh ama Lo,, KNpA c BunDA thEResA di SEbuT kAfir?????
LOOK YouR seLf DulU deh,,,
aPa Lo FaMoUs???
N uDh PrNah DaPeT noBeL pERdAmAian DuNIA kAYa BuNda TherEsa????
sumPah GW gax SETuju BGT,,,
ingat No BoDY pERFECT IN THe WorLD,,,
lO kAgUM mAlAH mA dOrCE,,,????
gAy Lo YaH,,
dI pLAJARAN aGaMa IsLam JUGA bERuBAH kOdrAT tuh MeLanggar AGAMA,,,
GmAnA c U???
aNeHHHHHHHHHHH,,,,,,
alfred
Maret 14, 2008
bang mandorrr, anda itu yg kafir, bodoh, dan lain lain. yahhh maklum lah betawi kan katrokkkkkkk jadi ya sulit di ajak ngomong apalagi b mandor yg gila bodoh dan lain lain. tai gw bang
gw tai
April 27, 2008
lebih baik kafir tapi memiliki kasih yang luar biasa dibanding orang yang merasa suci tapi tidak ada kasih yang ada hanya kekerasan, dengki, dan amarah!!!! mata ganti mata, aturan macam apa itu??? Kasih adalah segalanya untuk dunia ini dan itu hanya di dapat di dalam Yesus Kristus
qimerong
Mei 25, 2008
ngapain juga mesti musingin kafir ato bukan.., diri sendiri dulu dibenerin baru ngomongin org kafir ato bukan.., kristen percaya sama Jesus yg di islam dibilangnya nabi isa, kalian bilang kristen itu kafir berarti kalian bilang nabi kalian ga bener doonk..???
light
Mei 26, 2008
Kau pakar agama ya? atau jangan-jangan jelmaan nabi? Mudah banget kau judge bunda Theresa kafir? Ah jadi sedih aku. Sedih bila suatu saat atau mungkin saat ini tanpa ku sadari punya kawan yg menganggapku kafir. Tapi sudahlah tidak apa-apa toh masih banyak orang-orang yang memuja cinta diatas doktrin agama yang ‘ngejelimet’ itu yang masih bisa dijadikan kawan.
Oiya emang definsi kafir bagi kau hanya sebatas ’semua non islam adalah kafir’. Whohoho, baru tau aku ada definisi seperti ini. Menyedihkan sekali.
Sidney White
Juni 5, 2008
Aku mengagumi Bunda Theresa, dia bukan kafir, dia salah seorang sahabat Allah. Anda ngerti nggak sih, memang di dalam agama anda disebutkan bahwa siapa pun yang tidak percaya pada agama Islam dan Al-Qur’an layak di sebut sebagai orang Kafir karena orang itu yang tidak mengakui Tuhan Allah. Oke,katakanlah misalnya Bunda Theresa tidak mengakui Tuhan Allah (sebutan bagi Tuhan dalam versi agama Islam) tetapi Bunda Theresa mengakui adanya Tuhan (menurut agama Katolik). Bukankah Tuhan hanya ada satu? Bisakah dia yang non-islam tetapi mengabdikan diri untuk menolong sesama disebut kafir? buktinya Bunda Theresa membantu sesama umat yang miskin, sakit dan lemah. Hal yang tidak mungkin dilakukan anda karena anda tidak memiliki kemampuan untuk mencintai sesama. Buktinya anda dapat mengatai orang yang murah hati serta tulus ikhlas untuk membantu sesama sebagai orang kafir bahkan membandingkannya dengan Dorce.
Bukankah di dalam Islam pun juga diwajibkan bersedekah dan membantu kaum papah dan miskin? Berarti Bunda Theresa telah melakukan itu, artinya dia memang mengakui adanya Tuhan, jadi dia bukan kafir.
Jika aku bisa mencintai sesama seperti cinta kasih bunda Theresa, aku tak peduli dikatakan kafir, bahkan disebut mbahnya kafir pun tak masalah bagiku. Lebih baik bagiku mati sebagai kafir atau atheis sekalipun tapi sudah menjamah hidup banyak orang tanpa pamrih daripada mati dan dikuburkan sebagai pemeluk agama tertentu yg taat tapi tak pernah bisa mengakui keberadaan pemeluk agama lain, apalagi mencintai mereka dalam situasi sesulit apapun seperti yang dilakukan bunda Teresa.
Jika anda mengaku memiliki agama (dalam artian bukan atheis), pasti anda tidak akan mengatainya seorang yang kafir, karena semua agama pasti mengajarkan tentang cinta kepada sesama. Dan dapatkah anda menunjukkan kejahatan yang telah dilakukannya yang dapat membuatnya menjadi orang kafir?
Tetapi, jika anda tetap bersikeras dengan keyakinan anda, saya tidak dapat lagi membantu anda untuk melihat sisi baik dari penganut non-islam, karena untuk melihat pengorbanan bunda Theresa yang nyata saja anda sudah buta.
Sidney White
Juni 5, 2008
lebih baik disebut kafir yang berbuat baik dan menuruti ajaran Tuhan dengan perbuatan langsung,,daripada tidak disebut kafir tapi dekat dengan setan,,, terlebih menjelekkan agama2 lain….lagipula itu kan menurut sepihak saja…
mms
Juli 13, 2008
ngarang dari mana sih? kl ngomong ada buktinya…lagian Bunda Theresa kafir itu kan menurut anda…menurut TUHAN??? Lagipula…kafir itu artinya mengingkar pd nabi muhammad, bukan ingkar kpd TUHAN!
carla
Agustus 5, 2008
mending jadi kafir mas dari pada jadi teroris….
sai youth
Agustus 29, 2008
jgn pernah mengatasnamakan dokrtin islam. n jangan pernah melihat sesuatu hanya dari sudut pandang. TOOOH MASYARAKAT MENGAKUI PERJUANGAN DIA DENGAN PENGHARGAAN NOBEL>> CAMKAN ITU !!!!!!
GW_ANJING
September 4, 2008
urus akhlak islam daripada mengurusi uruan agama lain… JANGAN PERNAH LO MENGHAKIMI KARNA BUKAN TUHAN !!!!!! OHYA AJARAN ISLAM YANG ADA AJARAN TENTANG MENGHAKIMI YA MAKANYA PADA BERENTEM MLU >>> KACIAn
BENGETT YAAA!!!!!
nabi_muhammad_ANJING
September 4, 2008
gw anjing ….
irvan
September 15, 2008
muslim bukanlah agama
islam adalah agama
muslim dalam bahasa arab lebih kepada sifat pribadi yang saleh,suci dan diurapi Allah.
muslim,kristus dan mesias punya arti sama.
johan
September 28, 2008
he jack islammu itu lebih mudah dibanding kristen ,dimana mana saudara muda itu ngalah dasar muslim kafir .udah tahu lebih tua ajaran kristen dibanding islam kafir munaffffffffffffffffffffikkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk telaso
mujahidin
Oktober 8, 2008
bagaimana sih
mungkin besuk bunda teresa masuk surga lebih gampang daripada kamu yang hanya bisa komentar aja
kamu tak pernah mengabdikan dirimu kepada sesama sebab barangsiapa mengabdikan dirinya bagi sesam maka dia berbuat bagi tuhan
jangan cuma beribadah saja yang dipentingin
siapa yang ingin jadi islam
LOrenk
Oktober 22, 2008
semoga tuhan memaafkanmu!!!!!!!
LOrenk
Oktober 22, 2008
moga moga tuhan memaafkanmu bang mandor
telo
Oktober 22, 2008
bang mandor apa kamu pernah sedekah pengen ke surga moga tuhan memaafkanmu
telo
Oktober 22, 2008
Bang Mandor, tolong dong ikuti nasihat Al Quran seperti ditulis & telah dikerjakan nabi kita Muhamad SAW. ” Belajarlah sampai ke Negeri Cina” supaya Bang Mandor bertambah wawasan untuk mencintai sesama
Soso
November 8, 2008
Bang Mandor tolong ikuti anjuran Nabi Muhamad seperti tertulis dalam Alquran ” Belajarlah sampai ke negeri Cina ” semoga sepulang dari cina nanti Bang Mandor bisa mengenal arti Cinta lebih luas. Ayo sebagai pengikut Muhamad ya harus mentaati nasihatnya ( diatas ) lho !
ndoro
November 8, 2008
heh,, orang kurang kerjaan ya…
udah deh urusin diri sendiri dulu, benerin diri sendiri dulu sebelum ngurusin orang laen,,
apa untung na sich,,
pinter juga kagak,, belagu loe,,
sok suci sucio dhewe loe,,,
ckckckck
November 14, 2008
walaupun pd zhahir seseorng itu khafir, sekalili kta mnybut nya kafir, krna kta tdak tau apa yng ada hati nya.hanya ALLAH yang maha nengetahui….
nurdin bin ahmat
November 19, 2008